Translate

Senin, 06 Januari 2020

BMKG : Sebagian Wilayah Sumsel Waspada Banjir Hingga Puting Beliung



Sebagian Wilayah Sumsel Waspada Banjir Hingga Puting Beliung - Masyarakat Sumatra Selatan di minta untuk waspada terhadap bencana alam.

Dirilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Senin (6/1/2020), masyarakat diminta waspada terhadap bencana Hidrometeorologis (angin kencang / puting beliung, banjir bandang, tanah longsor, banjir dll) karena hujan deras disertai dengan petir dan angin kencang.

Dengan kedatangan musim hujan di wilayah Sumsel dengan indikasi kuatnya Angin Muson Cina Selatan (Muson Barat) dan di Indonesia pada umumnya, dan wilayah Sumsel pada khususnya, telah menyebabkan peningkatan curah hujan dan potensi curah hujan dengan kilat dan angin kencang.

Ini biasanya terjadi pada Siang - Sore hari. Sementara Potensi Hujan Ringan- Sedang berlangsung lama (Kontinyu) ketika terjadi saat malam - fajar.

Meningkatnya pertumbuhan pusat tekanan rendah di Australia (belahan bumi selatan) menyebabkan pergantian dan pertemuan massa udara di wilayah Sumsel selama minggu berikutnya (7-13 Januari, 2020).

Hal ini akan menyebabkan Curah Hujan Meningkat dan Kontintu (terus menerus) Hujan di bagian barat Sumsel.

Daerah dataran tinggi (Bukit Barisan) yang akan memiliki potensi bencana Hidrometeorologi (genangan / banjir, banjir bandang dan tanah longsor) di Kabupaten Musi Rawas, Kota Lubuk Linggau, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, Kab. Muratara, Kab. Muba, Kab. PALI, dan Kab. Mulut Enam.

Sedangkan potensi bencana hidrometeorologi (angin kencang / puting beliung dan genangan / banjir) di kawasan Kota Pagar Alam, Kota Prabumulih, Kab. Banyuasin, Kota Palembang, Kab. OKI, Kab. OI, Kab. OKU Timur, Kab. OKU dan Kab. OKU Selatan.

BMKG menghimbau Masyarakat dan Stakeholder untuk tetap waspada dan memperbarui Informasi dan Peringatan Awal Cuaca BMKG dan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan untuk meminimalkan dampak Bencana Hidrometeorologi.

Yaitu untuk meningkatkan Infrastruktur agar lebih tahan bencana, membersihkan dan meningkatkan drainase, memangkas / mengurangi dahan pohon dan ranting pohon untuk menghindari tumbang, perbaikan DAS / Daerah Aliran Sungai, Mempersiapkan kolam Retensi, memprioritaskan transportasi udara dan air di sore hari, Berhati-hatilah untuk bekerja di luar rumah tanpa berteduh di bawah pohon dan untuk menghindari potensi genangan jika terjadi hujan di Siang - Soore hari dan sebagainya.



EmoticonEmoticon